Jagalah hati

renovasi hati

Wiseman Says :
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
Ini adalah nasehat yang luar biasa, karena ternyata apa yang tersembunyi, apa yang tak terlihat oleh mata, begitu besar peranannya dalam kehidupan manusia.
Ya hati manusia adalah salah satu organ terpenting di dalam tubuh manusia karena tugasnya mengatur peredaran darah, mengatur pengelolaan makanan yang kita makan dan juga memisahkan fungsi obat-obatan, jika berguna disalurkan tetapi jika tidak berguna akan dibuang ini adalah fungsi hati secara jasmani.

Namun selain berfungsi secara jasmani, hati juga berfungsi secara rohani yaitu sebagai cermin dari pribadi seseorang
Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.
Artinya apa yang ada di hati menunjukkan siapa kita sebenarnya jika hati kita baik, kita akan mencerminkan kebaikan-kebaikan baik lewat pancaran wajah, tutur kata, pola pikir dan perbuatan. tetapi jika kita tidak baik, maka yang terpancar adalah wajah yang penuh amarah, pikirin, perkataan dan perbuatan yang tak baik juga.

Walau kadang ada benarnya juga kata pepatah “Lain di bibir, lain di hati” tapi soal ini kembali ke pribadi masing-masing karena Tuhan tahu hati kita tak ada yang bisa kita sembunyikan dari Dia, dan biarlah Dia yang menghakimi kita nanti
“Aku, TUHAN, yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah langkahnya, setimpal dengan hasil perbuatannya.”
Yang terpenting di sini adalah bagaimana kita hidup dengan menjaga hati kita agar yang terpancar dari hidup kita adalah kebaikan dan ketulusan hati.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan hati :

  • Perbanyak waktu pribadi dengan Tuhan, melalui baca kitab suci dan berdoa
  • Perbanyak berfikiran positif, semakinsering kita berfikiran positif cepat lambat perilaku kita pun akan mengarah ke hal-hal yang positif, karena pikiran bisa mempengaruhi tingkah laku
  • Perbanyak bergaul dengan orang-orang yang berfikiran positif, lingkungan sangat berpengaruh terhadap pola pikir kita, jika kita banyak bergaul dengan orang-orang yang berpikiran positif kita bisa ikut-ikutan berfikiran positif begitu juga sebaliknya atau istilahnya Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik, hati-hatilah memilih teman.
  • Perbanyak baca buku-buku yang positif, buku juga bisa mempengaruhi pola pikir kita, karena apa yang kita serap itu lambat laut bisa mempengaruhi kebiasaan kita.

Jika kita bisa berbuat baik, untuk apa berbuat hal yang buruk, tetapi semua itu tergantung pilihan kita.

Tertarik dengan artikel Jagalah hati? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
Kata kunci untuk artikel ini ยป jagalah hati, gambar hati, renovasi hati, jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, jagalah hatiku, kata kata jagalah hati | Rating : 5 You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Seluruh materi dari Jagalah hati boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More