Utang Indonesia terus meningkat

Salah satu sumber pendanaan pembangunan dan belanja negara Indonesia selain devisa adalah utang dari negara luar.

Namun sayangnya pendanaan dari utang lebih besar dari pendanaan lainnya seperti devisa dan pajak, ini dikarenakan utang merupakan modal cair atau modal yang mudah diperoleh ketimbang mengumpulkan pajak atau meningkatkan eksport atau meningkatkan devisa, sehingga tak heran pemerintah lebih senang menggunakan utang sebagai dana ketimbang yang lainnya.

Akibatnya dari tahun ke tahun total utang negara Indonesia terus meningkat, dan jelas hal ini akan mempengaruhi perekonomian Indonesia, karena cepat atau lambat Indonesia akan menjadi negara tanpa power, dalam hal ini bisa menjadi negara yang kehilangan kekuasaan akibat dari utang tersebut atau dalam istilah ekonomi, orang yang berutang akan berada dibawah kekuasaan orang yang memberikan utang.

Karena itu alangkah baiknya jika mulai mengurangi ketergantungan terhadap utang, mulailah dengan meningkatkan produktifitas tenaga kerja, efisiensi modal dan adanya campur tangan pemerintah dalam hal pemasaran, karena salah satu kendala yang dialami produsen adalah dalam hal distribusi dan pemasaran.

Tertarik dengan artikel Utang Indonesia terus meningkat? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
| Rating : 4 You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Seluruh materi dari Utang Indonesia terus meningkat boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More