Naiknya kurs IDR dan dampaknya

Hari ini kurs IDR telah berada pada level 9.000 per USD, untuk para pelaku ekonomi, naik turunnya kurs sangat berpengaruh atau memiliki dampak yang cukup signifikan.
1. Untuk pebisnis yang berpenghasilan USD, jelas ini merupakan tambahan income atau adanya peningkatakan pendapatan dari sisi nilai tukar.
2. Untuk pengimpor, jelas ini merupakan kenaikan biaya dari sisi perolehan bahan baku, sehingga mau tak mau harga jual harus dinaikan untuk bisa menutupi biaya produksi, tetapi di sisi lain bisa terjadi penurunan daya beli customer, sehingga bila dihitung-hitung perusahaan pengimpor bisa mengalami kerugian (biaya yang dikeluarkan tidak seimbang dengan pemasukan yang diperoleh.)

Inilah yang coba aku paparkan, setiap fluktuasi nilai tukar rupiah selalu mendatangkan efek negatif dan efek positif secara bersamaan bagi para pelaku bisnis, tinggal di sisi mana yang mengalami keuntungan dan kerugian.

Dan imbas dari efek naik turunnya nilai tukar rupiah terhadap dollar yang merasakannya juga adalah masyarakat luas, dimana harga bahan pokok akan semakin meningkat (terutama yang diimpor) sedangkan penghasilan cenderung tetap. Dan di negara ini biasanya bila menaikkan harga setiap pedagang berbondong-bodong menaikkan harga, tetapi bila ada kebijakan penurunan harga, biasanya pedagang tidak serta-merta melakukan itu, akibatnya ketimpangan pengeluaran dan pemasukan semakin menjadi-jadi.

Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan melakukan cadangan dana yang bisa disisipkan setiap kali memperoleh keuntungan, sehingga bila terjadi perubahan, tidak terlalu terpuruk (bijaksanalah dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan, jangan sampai besar pasak daripada tiang)

Tertarik dengan artikel Naiknya kurs IDR dan dampaknya? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
| Rating : 4 You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Seluruh materi dari Naiknya kurs IDR dan dampaknya boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More