Menjadi menantu yang baik

Mertua-MenantuSetiap pasangan kekasih pasti mendambakan hubungan mereka akan terus berlanjut di pernikahan.
Biasanya yang ada dalam benak mereka adalah kemeriahan perayaan pernikahan, banyaknya tamu yang hadir serta rencana-rencana indah tentang rumah tangganya nanti, seperti punya rumah, punya anak-anak yang lucu dan selalu mesra dengan pasangan.

Pernikahan itu sendiri sebenarnya adalah ikatan dua keluarga menjadi satu, yaitu keluarga dari istri dan keluarga dari suami, artinya orang tua istri adalah orang tua suami dan orang tua suami adalah orang tua istri, namun sayang tidak semua pasangan bisa memahami akan hal ini, sehingga kadang mertua diperlakukan seperti orang luar yang kadang dianggap hanya suka ikut campur.

Nah tentunya kita tak ingin hal ini terjadi dalam kehidupan kita bukan (apa yang kita tabur itu juga yang nantinya kita tuai), di sini aku akan berbagi sedikit tips untuk menjadi menantu yang baik :

  1. Anggap (wajib) mertua sebagai orang tua kandung
    Sebagai bukti dan tanda cinta kita ke pasangan kita, maka wajiblah kita menyayangi, menghormati orang tua pasangan kita seperti orang tua kandung kita, karena dari merekalah, pasangan kita dilahirkan, jika tak ada mereka tak mungkin kita mendapatkan pasangan kita yang sekarang ini.
  2. Hormati dan hargailah mereka
    Mungkin mereka banyak kelemahan, mungkin mereka terlalu banyak masukan (cerewet), mungkin mereka terlalu banyak mengatur, mungkin mereka terlalu banyak ikut campur, tapi perhatikanlah tujuan dan motivasi mereka, jika itu untuk kebaikan kita, apa salahnya kita mendengarkan mereka, karena kita belum tentu benar dan mereka belum tentu salah, pikirkan dan renungkan baik-baik maksud mereka, jangan hanya mengikuti keinginan belaka yang dilandasi dengan ego.
  3. Patuh
    Ini berlaku pada menantu yang masih menumpang di rumah mertua, yang namanya rumah pasti punya aturan, pasti punya kewajiban, pasti punya hak, jadi selama menumpang dirumah mertua, maka aturan, kewajiban yang berlaku di rumah merupakan peraturan dan kewajiban yang harus ditaati, lakukanlah sepenuh hati seperti ke orang tua kandung, jangan merasa seperti tuntutan karena merasa menumpang di rumah mertua.
  4. Bersahabatlah
    Untuk membuat hubungan mertua dan menantu harmonis adalah dengan menjalin persahabatan dimana ada komunikasi yang baik antara keduanya dimana keduanya saling mendengar, saling mencurahkan isi hati, saling menerima masukan dan pendapat, saling menghargai walaupun berbeda pendapat, dengan adanya persahabatan, aku yakin hubungan baik pasti akan tercipta dengan baik dan sehat (tidak ada pihak yang lebih dominan, atau pihak yang merasa harus mengalah)
  5. Berikan yang terbaik
    Jika kita ingin memberikan sesuatu kepada mertua, berikan yang terbaik seperti kepada orang tua, jika kita ingin melakukan sesuatu kepada mertua lakukan yang terbaik penuh keikhlasan seperti kepada orang tua.

Kita memang bukan orang sempurna yang tak pernah salah, tetapi jika kita melakukan kelima hal tersebut secara sungguh-sungguh kita telah menjadikan hidup kita sempurna dihadapan mertua. Jika kita mencintai anaknya, maka kita wajib mencintai orang tuanya juga.

Tertarik dengan artikel Menjadi menantu yang baik? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
Kata kunci untuk artikel ini ยป menantu yang baik, menjadi menantu yang baik, kata bijak untuk menantu, kata2 bijak untuk menantu, kata kata untuk anak menantu, kata kata mutiara tentang menantu, kta mutiara utuk mertua, kata kata bijak untuk Anak Mantu, Menantu yang baik adalah kata mutira, kata bijak jadi menantu yang baik | Rating : 4 You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Menjadi menantu yang baik”

  1. Diary Osi says:

    wahhh… mantap abieezz dh tipsnya ๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

Seluruh materi dari Menjadi menantu yang baik boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More