Nikah Minim Biaya

Battler & beatrice

Hari yang dinanti-nantikan oleh setiap pasangan kekasih adalah hari pernikahan, dan setiap hari pernikahan selalu penuh dengan kesibukan, mulai dari penentuan tanggal pernikahan, konsep atau tema pernikahan, undangan, tamu yang diundang, hidangan pesta, gaun yang dipakai, cincin pernikahan, dll,dll. Memikirkan semua itu memang bikin pusing karena semua itu dipikirkan oleh dua insan yang memiliki pemikiran yang berbeda. Jadi ya kadang kalau apa yang dipikirkan calon suami berbeda dengan pikiran calon istri, bisa tambah pusing mikirnya. Sedikit perdebatan pra-nikah memang selalu terjadi karenanya XD

Tentunya yang namanya persiapan pernikahan membutuhkan sejumlah dana tertentu mulai dari puluhan sampai ratusan juta, tergantung anggaran dan kemampuan calon pengantin dalam hal dana. Ada pasangan yang ingin memeriahkan pesta pernikahannya semeriah mungkin dan rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk itu. Ada juga yang berusaha sehemat mungkin agar tidak keluar biaya banyak. Setiap orang memiliki pemikiran yang berbada tentang hal itu, tidak ada yang salah pada kedua konsep tadi. Yang terpenting adalah arti dari pernikahan itu sendiri dan bagaimana kita melestarikan pernikahan yang sudah terjalin hingga pada akhirnya.

Nah aku hanya mau membagi beberapa tips mengenai nikah murah (tentunya menarik sekali bukan, acara meriah tetapi dana minim). Tentunya kita yang punya rencana untuk menikah juga memikirkan bagaimana caranya memangkas biaya agar sesuai dengan budget. Kalau sampai melebihi budget ya tekor dong :D. Berikut ini adalah sedikit tips menikah minim modal:

  • Bekerjasama dengan relasi
    Nah yang punya teman atau saudara atau sahabat yang kenal dengan pemilik catering, rias pengantin, dll, ayo mulai dihubungi, lumayan dalam hal negoisasi harga dan layanan, itu juga fungsinya punya relasi banyak bisa bermanfaat pada saat-saat tertentu.
  • Pinjam
    Nah ini juga lumayan banget dalam hal dana, yaitu hubungi kerabat, saudara, teman, sahabat yang sekiranya bisa dipinjam beberapa barang untuk menunjang kelancaran acara pernikahan, tapi jangan lupa beri tanda terima kasih, biasanya nih karena masih ada hubungan dekat, tanda terima kasih yang diminta gak besar jumlahnya.
  • Sediakan sendiri
    Kalau yang ini memang agak merepotkan tetapi dari segi dana benar-benar sangat memangkas pengeluaran, misalnya bisa masak, yang makanannya dimasak sendiri, kalo bisa menghias ruangan ya ruangannya dihias sendiri, kalau bisa membuat video pernikahan sendiri yang buatlah sendiri (bener kan hemat cuma emang repot).
  • Buka posko
    Hahaha ini sih kesannya kayak baru terjadi bencana alam saja (tapi memang mempersiapkan pernikahan seperti “bencana alam” dadakan karena benar-benar banyak kerepotan dan kepusingan). Maksud buka posko adalah minta bantuan dari teman-teman yang sekiranya bisa menolong dengan suka rela, alias mau membantu dengan gratis (kalau benar-benar ada yang mau membantu dengan gratis bukankah itu penghematan biaya luar biasa).
  • Perhitungan
    Bisa dibilang ini sih sudah berada di level pelit mbethithil duil alias benar-benar memiliki budget yang minimum hahahaha XD. Kita bisa memperhitungkan jumlah tamu yang akan diundang, bentuk undangannya, lokasi pesta, atau jenis kateringnya dengan memilih yang termurah tapi tetap memperhatikan kualitas. Cara ini juga cukup efektif untuk memangkas biaya pernikahan. Jika memang budget terbatas, tidak ada salahnya melakukan perhitungan semacam itu.

Ini sih cuma beberapa ide gila aja, tapi kadang bisa menjadi kenyataan tergantung keberuntungan masing-masing dan tak ada salahnya mencoba kan.

Tertarik dengan artikel Nikah Minim Biaya? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
Kata kunci untuk artikel ini ยป budget pernikahan, biaya nikah dadakan, membagi biaya nikah yang sedikit | Rating : 5 You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Responses to “Nikah Minim Biaya”

  1. spicaneal says:

    eaaaa! yang bentar lagi mo nikah XP

  2. marin says:

    uooooooooooooooooo yg bntar lg mau nikah
    sukses slalu yah kokoooooooooooooo hehehe

  3. Petraya says:

    Info bagus..
    Cocok yang bulan depan mau nikah ๐Ÿ™‚

    http://percetakanpetraya.com/tips-sebelum-menikah/

Leave a Reply

Seluruh materi dari Nikah Minim Biaya boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More