Pernak-pernik pernikahan

pernikDalam merencanakan sebuah pernikahan yang sakral dan berkesan (terutama bagi sang pengantin dan keluarga), tentu saja ada banyak hal besar yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan matang-matang, seperti budget, cincin pernikahan, lokasi pernikahan, gaun pengantin yang akan dikenakan, jumlah tamu yang diundang, dll. Namun demikian, ada banyak hal kecil yang perlu juga dipikirkan demi kelancaran perayaan pernikahan (walau kecil jangan sampai diabaikan), antara lain :

  • Buku Tamu
    Tujuannya adalah selain untuk mengetahui jumlah tamu yang hadir, juga mungkin untuk mengetahui alamat atau pesan atau doa yang mereka tuliskan di sana. Buku tamu ini bisa menjadi kenangan indah, karena itu persiapkan buku tamu dengan baik dan sesuai dengan selera.
  • Kotak sumbangan
    Kotak sumbangan gunanya untuk menampung amplop sumbangan dari tamu yang hadir. Biasanya bentuk kotak sumbangan didesain sedemikian rupa agar nampak cantik. Masalah sumbangan yang masuk, itu ya kesadaran tamunya saja. Jadi kotak sumbangan yang bagus belum tentu nanti isinya banyak ๐Ÿ™‚
  • Wadah cincin
    Untuk membuat kesan tersendiri, pemilihan wadah cincin perlu dipertimbangkan juga, karena memang wadah cincin dapat didesain dengan bentuk dan bahan tertentu dan dapat disesuaikan dengan tema pernikahan.
  • Kue Pengantin
    Saat ini tak lengkap bila sebuah resepsi pernikahan tidak dilengkapi dengan kue yang didesain khusus (tapi ini bukan sebuah keharusan, tidak pakai kue juga tak menjadi masalah), Jika ingin sebuah kue pengantin yang special, perhatikan desainnya (mau tingkat satu, dua, tiga, atau lebih), hiasan kue pengantin (mau boneka pengantin, bunga atau simbol-simbol tertentu), warna kue pengantin, semua disesuaikan dengan budget dan selera pengantin.
  • Lilin
    Salah satu dekorasi yang dapat memperindah resepsi pernikahan terutama bisa resepsi diselenggarakan hingga malam hari adalah lilin. Pilihlah lilin yang memberi kesan romantis dan esoktik dan membuat para tamu merasa nyaman, apalagi lilin saat ini memiliki bentuk dan warna yang unik.
  • Bunga
    Dekorasi satu ini jangan sampai ketinggalan yaitu bunga. Bunga yang digunakan bisa bunga hidup atau bunga plastik, tetapi kebanyakan bunga hidup yang dipilih karena selain indah juga memberikan aroma wangi alami. Bunga bisa dipilih sesuai selera atau tema pernikahan, dan biasanya bunga yang dipakai memiliki kesan tertentu seperti mawar merah yang berarti cinta, mawar putih yang berarti ketulusan, dll. Jadi pemilihan jenis bunga dan warna bunga perlu mendapat perhatian khusus.
  • Renda
    Ini juga merupakan hiasan yang bisa menambah keindahan suatu resepsi pernikahan, karena itu pemilihan warna dan model renda perlu diperhatikan agar benar-benar sesuai keinginan dan tema pernikahan yang dipilih.
  • Janur kuning
    Jika memilih konsep pernikahan secara adat Jawa, janur kuning menjadi pernik-pernik yang sangat penting dan sangat familiar di kalangan Jawa. Tentu saja ada makna yang terkandung pada janur kuning itu sendiri. Janur, bermakna sejane ning nur (arah menggapai cahaya Ilahi). Sedangkan, kuning bermakna sabda dadi, (yang dihasilkan dari hati/jiwa yang bening).
  • Souvenir
    Salah satu hal yang tak boleh dilupakan adalah souvenir sebagai tanda terima kasih atas kesediaan para tamu datang memenuhi undangan, Souvenir sendiri dapat dipesan atau dibuat sendiri (jika sempat). Biasanya souvenir memiliki bentuk yang unik dan atau menyesuaikan tema pernikahan, sedangkan mengenai harganya tergantung budget yang disediakan, yang terpenting adalah souvenir yang diberikan memiliki kesan tertentu tidak asal memberikan souvenir.

Karena pernikahan adalah saat istimewa bagi setiap kekasih yang telah berjanji sehidup semati, maka tak ada salahnya jika memikirkan lebih matang mengenai pernak-pernik yang dibutuhkan untuk melengkapi saat berbahagia ini, memang sedikit rumit karena itu sediakan waktu tertentu untuk merencanakan dan mempersiapkan segala sesuatu agar memberi kesan istimewa yang kelak akan menjadi kenangan tak terlupakan. Walaupun sedikit merepotkan tetapi jika dilakukan dengan senang hati dan penuh rasa cinta maka akan memberikan dampak yang luar biasa bagi pasangan kita.

Tertarik dengan artikel Pernak-pernik pernikahan? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
Kata kunci untuk artikel ini ยป pernak pernik pernikahan, dekorasi pengantin, dekorasi pernikahan, pernak-pernik pernikahan, pernik pernikahan, pernak pernik pengantin, cara membuat pernak pernik pernikahan, pernakpernik pernikahan, pernak pernik pesta pernikahan, pernak pernik pada cincin, pernak pernik p, pernak pernik kawinan, pernak pernik dari janur, model pernak pernik hiasan dekorasi pernikahan, membuat pernak pernik pernikahan, video membuat pernak pernik pernikahan | Rating : 4 You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Pernak-pernik pernikahan”

  1. top Indonesian blogger…

    […]Pernak-pernik pernikahan | Catatan Si Dunyun[…]…

Leave a Reply

Seluruh materi dari Pernak-pernik pernikahan boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More