Menciptakan Kebahagiaan

Pernah aku bertemu dengan seorang sahabat, dia bertanya padaku mengapa aku tidak terlihat seperti orang yang bermasalah, padahal kalau diperhatikan masalah hidupmu banyak. Aku hanya berkata padanya bahwa aku tak ingin dikuasai masalah, melainkan menguasai masalah, hidup terlalu singkat jika diisi dengan memikirkan masalah yang tak pernah habis (alias masalah satu selesai pasti akan muncul masalah berikutnya, karena memang hidup itu sendiri adalah kumpulan serangkaian masalah). Jadi daripada menghabiskan waktu dengan memikirkan masalah, jauh lebih baik menciptakan kebahagiaan.

Temanku berkata bahwa kebahagiaan adalah hal yang kita cari dan kita kejar seumur hidup kita. Tetapi aku berkata kepadanya, kebahagiaan bukanlah hal yang kita cari atau kita kejar melainkan hal yang kita ciptakan atau kita buat, alias kebahagiaan tidak tergantung situasi, tetapi bagaimana kita menciptakannya.

Dia bertanya, bagaimana caranya menciptakan kebahagiaan…???

Berikut ini adalah tips menciptakan kebahagiaan yang aku kumpulkan dan aku praktekkan selama ini :

  • Merasa cukup
    Kegelisahaan terbesar manusia adalah jika dalam hidup merasa selalu kurang, padahal penghasilan dan barang yang dimiliki cukup banyak, akibatnya hidup hanya dipenuhi dengan keinginan untuk mencukupi kekurangan yang tak pernah tercukupi, karena pasti akan muncul kekurangan baru lagi
  • Tidak membandingkan
    Jangan pernah membandingkan diri bahkan kondisi hidup dengan orang lain bahkan menjadikan kondisi orang lain sebagai ukuran atau standar seperti, aku pasti bahagia jika bisa memiliki mobil seperti punya A, atau aku pasti merasa cukup jika punya rumah seperti punya B.
  • Optimis
    Setiap orang pasti punya kelemahan, tetapi jangan itu yang menjadi pusat perhatian, tetapi bagaimana selalu optimis bahwa dengan kemampuan yang ada mampu mencukupi apa yang dibutuhkan, karena dengan pikiran optimis kita selalu punya semangat untuk memulai dan menyelesaikan sesuatu dengan baik, tepat dan efisien.
  • Berfikiran positif
    Apapun yang terjadi di dunia ini, kita harus pahami bahwa semua itu masih dalam batas kemampuan kita, jadi baik susah senang, sakit sehat, semuanya mampu kita atasi, jadi seberat apapun masalah yang dihadapi pasti bisa diselesaikan dengan baik.
  • Mengucap syukur
    Dalam hidup kita punya Tuhan yang perkasa itu artinya kita selalu punya tempat untuk meminta dan berlindung, jika demikian tak ada alasan untuk berputus asa dan menyerah. Hidup kita ada yang mengatur, kita hanya tinggal menjalaninya dan mengembangkan kelebihan yang telah diberikan Tuhan untuk menjadikan hidup lebih baik dari kemarin.

Jadi masih berfikir untuk mengejar kebahagiaan…..????

Tertarik dengan artikel Menciptakan Kebahagiaan? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
| Rating : 4 You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Seluruh materi dari Menciptakan Kebahagiaan boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More