Persahabatan

poems quote

Setiap manusia diciptakan saling membutuhkan itulah sebabnya kita disebut mahluk sosial karena memang kita tak akan bisa hidup tanpa bantuan atau kerjasama dengan orang lain, karena memang kita diciptakan tidak sempurna jika sendiri, alias kehadiran orang lain itulah yang membuat hidup kita sempurna dan lengkap.

Oleh sebab itulah kita membutuhkan yang namanya persahabatan dalam hal ini persahabatan yang saling menguntungkan bukan yang saling merugikan, yang saling mendukung bukan saling menjatuhkan, yang saling mengoreksi bukan saling membiarkan (menyetujui semua yang sahabat mau lakukan sekalipun itu tindakan negatif).

Namun sayangnya tak semua persahabatan bisa berlangsung lama atau langgeng karena banyak kondisi yang mempengaruhi seperti cinta, tak sedikit persahabatan yang berujung pada percintaan atau sahabat jadi pacar, namun sedikit sekali percintaan yang berakhir menjadi persahabatan, seperti kata temanku kalau cinta kadang kita menjadi egois, ingin memiliki utuh si dia, sehingga bila ada teman kita yang lawan jenis dekat dengannya kita jadi curiga jangan-jangan teman kita itu mau merebut pacar kita, akhirnya kita menjaga jarak dengan teman kita itu hanya karena prasangka buruk yang kita bangun sendiri. Di sisi lain mantan pacar susah dijadikan sahabat adalah karena kita sakit hati atau merasa minder membangun kembali persahabatan karena mungkin selama pacaran kita yang dulunya toleransi mendadak jadi egois.

Alasan lain yang dapat merusak persahabatan adalah persaingan tidak sehat, sebenarnya bersaing itu tak masalah karena memang kita semua ingin terlihat unggul di suatu bidang tertentu, hal ini wajar karena memang kita diciptakan untuk menjadi pemenang, menjadi kepala, menjadi pemimpin, tetapi bukan pemimpin yang semena-mena, melainkan pemimpin yang bijaksana tahu hak dan kewajiban, tapi persoalan dan solusi, tahu menempatkan diri dengan sebaik mungkin.

Membangun persahabatan memang susah-susah gampang, atau gampang-gampang susah karena ada hal yang harus dikurangi atau ditekan yaitu rasa egoisme dan menguasai. Dengan berbagi, dengan saling mengerti, dengan saling berbicara, kita bisa mempertahankan atau bahkan memperkuat persahabatan, dan persahabatan makin indah jika kita tidak memandang perbedaan dan tidak memanfaatkan sahabat untuk kepentingan kita sendiri.

Dan hidup makin indah dan lengkap jika kita memiliki banyak sekali sahabat dan menjadi sahabat yang baik untuk sahabat kita.

Tertarik dengan artikel Persahabatan? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
Kata kunci untuk artikel ini ยป quote persahabatan, catatan tentang persahabatan, quotes persahabatan, catatan persahabatan, quote tentang sahabat, quote sahabat, quote tentang persahabatan, quotes sahabat, quotes tentang persahabatan, quotes tentang sahabat, quotes sahabat jadi cinta, teman jadi pacar, persahabatan quotes, quotes tentang teman, quotes tentang teman kerjasama, quotes tentang egois, quotes teman, teman bukan pacar, quotes buat sahabat, quote untuk sahabat, quote tentang hidup, quote tanpa pacaran, pacar atau persahabatan, kata tidak saling membutuhkan, kata kata buat orang yang merusak persahabatan, Catatan si dunyun persahabatan, teman saling mendukung bukan saling menjatuhkan | Rating : 4 You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Seluruh materi dari Persahabatan boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More