Penyebab Karamnya Bahtera Rumah Tangga

titanic_sinking

Jika sebelumnya aku menulis tentang bagaimana melestarikan pernikahan, maka kali ini aku ini berbagi soal apa saja yang membuat bahtera rumah tangga menjadi karam atau penyebab keretakan dalam rumah tangga.

Yang namanya berkeluarga tentunya setiap pasangan menghendaki terus awet sampai tua sampai maut memisahkan, namun tak semua pasangan bisa mencapai titik itu, alias memang dalam hal mempertahankan rumah tangga dibutuhkan banyak kesabaran dan cinta dan pengertian.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang menjadi penyebab karamnya bahtera rumah tangga:

1. Tidak terbuka
Jangan pernah menyembunyikan masalah yang harusnya diketahui oleh pasangan terutama masalah keuangan karena hal ini berhubungan dengan kepercayaan dan tanggungjawab. Jika dalam penggunaannya kita memakai tanpa sepengetahuan pasangan kita dan bila suatu saat pasangan kita mengetahuinya maka akan timbul berbagai macam prasangka, jangan-jangan kita punya selingkuhan, dll, dll.

2. Terlalu mengkritik dan mengatur
Jika kita terlalu menyalahkan, terlalu mengatur, terlalu memaksakan kehendak, hal ini akan menimbulkan penilaian dari pasangan kita bahwa kita ini tidak menerima dia apa adanya. Kritik, saran memang baik dalam hubungan rumah tangga tetapi semua ada porsinya, alias lihat kondisi dan situasi.

3. Terlalu curiga
Jika kita terlalu sering mengecek HP, Laptop, atau akun pribadinya, hal ini menimbulkan kesan kita seperti memata-matai pasangan kita, kita seperti membangun penjara buat pasangan kita, padahal kita sendiri tidak mau jika diperlakukan demikian, hal ini lambat laut bisa menjadi duri dalam kehidupan rumah tangga.

4. Tidak memperhatikan soal sex
Walaupun ini adalah bumbu dalam pernikahan namun tetap harus diperhatikan karena hal ini adalah sarana ungkapan rasa kasih sayang dalam rumah tangga, sarana rileks setelah penat dengan rutinitas dan sarana komunikasi dengan batin suami istri, jangan sampai diabaikan karena bisa menjadi lubang kecil dan mampu menenggelamkan bahtera rumah tangga.

5. Berkurangnya keromantisan
Perhatikan hal ini, walau sepele tapi bisa menjadi bahaya besar jika diabaikan dan tidak diperhatikan, karena biar bagaimanapun setiap rumah tangga pasti ingin agar keromantisan tetap terjaga baik selama pacaran apalagi selama berumah tangga. Jangan sampai malas untuk mengatakan I love you, Thank you atau I’m Sorry, tunjukkan bahwa cinta itu benar-benar cinta sepanjang masa bukan hanya cinta waktu pacaran saja.

6. Lebih percaya pihak lain
Jika setiap persoalan, masalah yang kita alamai, kita lebih nyaman bercerita kepada pihak lain baik itu keluarga, teman atau lainnya dibandingkan terhadap pasangan kita, hati-hatilah, hal ini bisa menjadi pertanda bagi pasangan kita bahwa kita kurang mempercayainya dan lama-kelamaan hal ini bisa menyebabkan komunikasi dengan pasangan kita menjadi dingin dan seperti orang lain, dan jika hal itu terjadi siap-siap saja kita kehilangan pasangan kita.

7. Tidak merawat diri
Jika waktu pacaran dulu, kita selalu wangi, rapi, bersih, tetapi setelah berumah tangga kita meninggalkan itu semua dengan pemikiran kita sudah ada yang punya, itu bahaya bisa menyebabkan pasangan kita menjadi risih dekat dengan kita, dan lama kelamaan akan makin terbentang jarak dan menyebabkan hati semakin menjauh (walau memang tak semua pasangan mempermasalahkan soal penampilan, tetapi masak kita gak mau memberikan penampilan terbaik bagi pasangan kita).

Ingat, memulai rumah tangga jauh lebih mudah daripada mempertahankan rumah tangga.

Tertarik dengan artikel Penyebab Karamnya Bahtera Rumah Tangga? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
Kata kunci untuk artikel ini ยป Bahtera rumah tangga, kata bijak keretakan rumah tangga | Rating : 3 You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Seluruh materi dari Penyebab Karamnya Bahtera Rumah Tangga boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More