Tips Hidup Hemat

saving-money

Kata siapa hidup hemat sama dengan pelit….???
Secara tujuan memang sama yaitu menekan jumlah pengeluaran
Tetapi
Secara pelaksanaan jelas berbeda,
Kalau berhemat kita mencari barang dengan manfaat yang sama tetapi dengan harga yang lebih murah (misalnya memberi barang yang sama tetapi dengan merek yang lebih murah), atau kita menggantikan barang yang kita butuhkan dengan barang lain yang lebih murah tetapi manfaatnya sama (misalnya menggantikan daging dengan telur, atau menggantikan nasi dengan singkong).

Kalau pelit
misalnya kita membutuhkan 5 macam barang tetapi yang kita beli hanya 4 macam saja dengan tujuan pengiritan, contoh kita butuh nasi, lauk, sayur, susu, buah tetapi dengan tujuan pengiritan kita hanya membeli nasi dan sayur saja.

Jadi jelas bedakan antara hidup hemat dan pelit.
Berikut ini adalah beberapa tips untuk hidup hemat
1. Buat daftar kebutuhan yang diperlukan dalam sebulan
Ingat bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Tujuan membuat daftar ini adalah untuk mengukur kemampuan kita dalam memenuhinya (menghitung pendapatan dan pengeluaran)

2. Cari barang dengan kualitas sama tetapi harga lebih murah
Biasanya barang-barang ini tergantung merk dagang dan tempat penjualannya. Jadi agar lebih hemat untuk barang-barang tertentu belilah di pasar tradisional jangan di supermarket.

3. Subtitusi barang dengan manfaat yang sama
Kadang ada barang yang bisa digunakan untuk menggantikan barang lain yang harganya lebih mahal, namun di sini barang penggantinya harus memiliki fungsi dan manfaat yang sama dengan barang yang digantikan, misalnya saja singkong menggantikan beras, tempe tahu menggantikan daging, dll.

4.Mengelola Sendiri
Gak semua barang harus dibeli kadang kita bisa membuatnya atau mengelolanya sendiri selain lebih murah bisa dapat dalam jumlah besar, sedangkan kalau untuk makanana, selain murah juga lebih bersih, ibaratnya manfaatkan bakat atau waktu yang ada untuk membuat hal yang sebelumnya dibeli (gak usah beli, bikin sendiri).

5. Sekali-kali makan enak boleh
Sapa bilang berhemat berarti tidak merasakan “kemewahan”. Kita tetap bisa memiliki atau membeli barang atau makanan enak dalam satu jangka waktu misalnya 2 minggu sekali atau sebulan sekali, hanya saja tetap perhatikan pengeluaran jangan sampai terjadi pemborosan.

Hidup hemat itu penting dalam upaya memiliki dana cadangan untuk hal-hal diluar perkiraan atau minimal jangan sampai berhutang untuk kebutuhan pokok, jadi di sini kita berupaya untuk mengelola keuangan sebaik-baik mungkin.

Tertarik dengan artikel Tips Hidup Hemat? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
Kata kunci untuk artikel ini ยป manfaat hidup hemat, 24 tips hidup hemat, HIDUP HEMAT | Rating : 5 You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Responses to “Tips Hidup Hemat”

  1. Karir Gue says:

    manfaatkan belanja online juga bisa

  2. Kisah Islam says:

    coba belanja di kaskus juga bisa

  3. artikel yang bagus.
    mungkin bisa memilih makanan yang murah tapi memilki nutrisi tinggi dan bergizi.
    terimakasih atas infonya.

  4. Tips Simple says:

    Makaish buat tips2 di atas, sangat bermanfaat buat saya

Leave a Reply

Seluruh materi dari Tips Hidup Hemat boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More