Kiat-kiat Investasi

Dengan bertambahnya kebutuhan hidup, banyak orang berusaha untuk mendapatkan tambahan pemasukan melalui usaha-usaha sampingan salah satunya dengan cara ber-investasi, baik dalam bertuk barang bergerak (emas, saham, dll) sampai kepada property (rumah, tanah, toko, dll). Dengan harapan bisa memberikan tambahan dana segar untuk operesional kehidupan (maksudnya tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin besar, terutama untuk yang telah berkeluarga dan mendapat tambahan anggota keluarga baru.).

Namun perlu diwaspadai bahwa yang namanya investasi pasti ada efek positif dan negatifnya, alias bisa untung dan juga bisa rugi. nah tinggal pintar-pintarnya kita untuk mengatur agar tidak sampai fatal jika mengalami kerugian.

Untuk itu faktor modal yang diinvestasikan haruslah menjadi pertimbangan utama dan benar-benar diperhitungkan sebaik-baik mungkin, karena perputaran modal dalam tiap investasi berbeda-beda bisa lama, bisa juga cepat. Jangan sampai modal yang ditanamkan mengganggu mobilitas sehari-hari maksudnya, jangan sampai karena investasi, kebutuhan sehari-hari menjadi kekurangan alias minus sampai harus utang segala. Untuk keamanan dan tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari ada baiknya modal yang diinvestasikan adalah 1/3 dari penghasilan atau 10% dari penghasilan, memang sih kalo modalnya kecil keuntungan yang diperoleh juga kecil tetapi juga kerugian yang diderita kecil juga.

Pantau pasar, ini penting sekali dalam melihat keuntungan atau kerugian dari investasi kita, jika saja kita menginvestasikan modal dalam bentuk emas (barang berharga) atau surat-surat berharga (misalnya saham, obligasi). Maksud pantau pasar di sini adalah kita lihat fluktuasi harga jual dan harga beli dari investasi yang kita main kan, dari dua faktor tersebut kita juga bisa memutuskan untuk menambah investasi kita atau justru menjualnya.

Jika ingin berinvestasi dalam bentuk bangunan atau tanah, carilah lokasi yang benar-benar memiliki prospek yang bagus dan kedepannya bisa menguntungkan, jangan hanya tergiur dengan harga murah saja (walau harga juga penting).

Cari investasi yang terpercaya, maksudnya zaman sekarang banyak sekali penipuan dengan kedok investasi, karena itu kewaspadaan dan ketelitians ebelum berinvestasi sangat penting, cara untuk mengetahui investasi itu aman atau tidak adalah dengan melihat alamat perusahaannya, kedua website resminya, dan bila ada call center resminya maka makin aman investasinya, jika dari lokasi saja sudah meragukan, ditambah susah dihubungi, maka hati-hatilah.

Sekali lagi sebelum berinvestasi, pastikan dulu kebutuhans etiap hari telah tercukupi dengan baik.

Tertarik dengan artikel Kiat-kiat Investasi? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
| Rating : 3 You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Seluruh materi dari Kiat-kiat Investasi boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More