Kiat Membeli Rumah

Salah satu impian dari setiap orang yang telah bekerja adalah memiliki tempat tinggal, syukur-syukur bisa memiliki mansion atau apartemen mewah, atau minimal memiliki rumah sendiri, rumah yang dibeli dengan gaji sendiri.

Tapi tidak semua lokasi perumahan yang ditawarkan cocok untuk kita tempati karena memang rumah ada yang dibuat untuk tujuan bisnis atau bisa dikelola untuk menghasilkan duit. karena itu tujuan pembelian rumah menjadi pertimbangan utama, apakah untuk ditempati atau untuk tujuan bisnis juga (merangkap sebagai tempat tinggal juga tempat usaha).

Jika rumah yang ingin ditempati adalah untuk merangkap usaha, maka pastikan lokasinya dekat dengan target pasar, seperti jika ingin rumah merangkap warung makan dekatlah dengan daerah kantor atau perumahan, tetapi jika ingin merangkap untuk kos-kosan maka pilihlah rumah yang dekat dengan perguruan tinggi, sekolah atau pabrik, tetapi jika hanya untuk tempat tinggal carilah yang tidak terlalu ramai, demi kenyamanan penghuni rumah.

Perhatikan fasilitas yang ada di sekitar lokasi rumah seperti sekolah, warung sayuran, puskesmas, apotik, warung makan dan juga kendaraan umum, hal ini bertujuan agar mempermudah kita untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena sekalipun tinggal di kompleks mewah sekalipun tetapi fasilitas tidak menunjang bisa merepotkan juga nantinya..

Lokasi perumahan harus diperhatikan terutama yang bebas banjir atau bebas bencana alam lainnya seperti tanah longsor, ini penting demi kenyamanan dan kesehatan keluarga serta pengeluaran yang sebenarnya tak perlu seperti peninggian rumah (untuk daerah yang mudah banjir) atau penambahan penahan (untuk daerah yang mudah longsor), karena itu mengetahui sejarah lokasi perumahan yang hendak dibeli itu perlu pertimbangan agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Kondisi keuangan dan penghasilan perlu diperhitungkan secermat mungkin terutama untuk yang berpenghasilan menengah ke bawah, apalagi yang membeli rumah dengan cara kredit, usahakan kredit yang dibayarkan maximal setengah dari penghasilan, karena ingat ada kebutuhan-kebutuhan lain yang harus dipenuhi juga. Jangan memaksakan diri untuk membeli rumah yang melebihi kemampuan hanya untuk sebuah pujian “wah, rumahnya keren”.

Yang terpenting dari sebuah rumah adalah memberikan rasa nyaman, aman, bagi penghuninya.

Tertarik dengan artikel Kiat Membeli Rumah? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
| Rating : 3 You can leave a response, or trackback from your own site.

2 Responses to “Kiat Membeli Rumah”

  1. trims infonya..tp sekarang ini sangant sulit mencari lokasi yang lengkap fasilitansya…udah keburu diboerong orang2 berduit…

  2. Terry says:

    wah.. kalo baca artikel ini jadi kebayang bagaimana klo punya rumah yang bisa sekaligus dijadikan tempat bisnis online… hehehe…
    keep post…!! GBU

Leave a Reply

Seluruh materi dari Kiat Membeli Rumah boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More