Jangan Menikah Usia Muda

menikah mudaBeberapa waktu ini, aku sering sekali memperhatikan hal-hal yang menurutku terlalu berlebihan dan seharusnya gak usah seperti itulah. Ada yang merasa dunianya berakhir ketika sang pacar memutuskan hubungan, ada juga yang nekat mengakhiri hidupnya gara-gara sang pacar sudah tak bisa bersama lagi, padahal dari segi usia, mereka masih terlalu sangat muda untuk melakukan hal-hal seperti itu. Usia mereka rata-rata masih belasan, yang kalau aku pikir usia seperti itu adalah usia bermain, bergaul dengan teman bukan memikirkan masalah pasangan hidup apalagi pernikahan, masih terlalu muda banget.

Mungkin yang mereka lihat dan pikirkan adalah saat-saat menyenangkan bersama sang pacar, saat berduaan dengan sang pacar, pokoknya yang dipikirkan adalah bersama sang pacar hanya ada hal-hal yang menyenangkan saja… ooo… jangan berpikiran demikian karena yang namanya hidup ada susah senangnya, baik saat bersama sang pacar atau saat sendirian, bersama sang pacar gak selamanya hidup penuh bunga, bahkan ada saat-saat menyakitkan (bukan karena putus loh tapi selama masih pacaran), jadi janganlah masa muda hanya di isi dengan sang pacar melulu tapi persiapkan masa depan yang cerah dengan prestasi dan karya.

Jangan dikira memasuki dunia pernikahan itu hanya seindah saat resepsi saja, saat menerima banyak tamu, saat menerima banyak hadiah, saat malam pertama…. oo… tidak, karena pernikahan itu adalah sebuah perjuangan yang jauh lebih ribet daripada saat sendiri, karena di dalam pernikahan ada yang namanya orang tua, saudara, mertua, ipar, dll, alias lebih banyak orang yang terlibat di dalamnya dan banyak perasaan yang harus dijaga.

Karena itulah kenapa aku tulis jangan menikah muda, karena tanggung jawab dalam pernikahan sungguh sangat banyak, seperti tanggung jawab mengurus rumah (kita gak bisa seperti dulu mau keluar rumah yah keluar saja) belum lagi mengurus pasangan kita mulai dari menyiapkan makanan, menyiapkan pakaian, memandikan anak, belum lagi soal biaya mulai dari biaya makan, biaya pendidikan, bayar listrik, bayar air, biaya kesehatan, dll. Banyak banget kan tanggung jawab dalam pernikahan, tidak hanya sekedar makan bareng, nonton bareng, jalan-jalan bareng.

Belum lagi jika menikah tetapi belum punya penghasilan tetap atau malah belum bekerja, itu makin ribet dan repot, masak sudah menikah masih menyusahkan orang tua bahkan mertua…??? Gak banget kan, yang namanya menikah itu artinya mandiri, bisa mengurus keluarga sendiri tanpa merepotkan orang lain, bisa memenuhi kebutuhan sendiri tanpa minta sama orang tua dan mertua.

Gak enaknya lagi jika menikah muda, di saat teman-teman sibuk jalan-jalan dan berprestasi, kita malah sibuk urus anak, urus keluarga yang kadang menyita banyak waktu dan cukup membuat tenaga habis, teman-teman yang lain mungkin lagi sibuk liburan bersama, kita malah sibuk urus rumah, bersih-bersih, dll, gak banget kan.

Jadi kalau belum siap dengan tanggung jawab yang besar, yah jangan buru-buru menikah, tapi nikmatilah masa muda dengan ceria, cari pekerjaan yang layak, jalan-jalan keluar negeri, memenuhi semua yang diinginkan dengan jerih payah sendiri, buatlah orang tua bangga dan dirimu sendiri bangga, bahwa sudah mandiri dan siap mengambil tanggung jawab yang besar.

Jadi stop merana karena pacar, stop galau karena pacar apalagi masih muda begini, ingat masa muda gak akan kembali lagi, daripada menyesal dikemudian hari lebih baik dipikirkan lebih matang lagi sebelum mengambil keputusan besar yaitu menikah di usia muda.

Tertarik dengan artikel Jangan Menikah Usia Muda? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
Kata kunci untuk artikel ini ยป menikah muda, kata bijak jangan menikah muda, kata bijak menikah jngan karena umur, kata bijak nikmati masa muda jangan menikah, kata kata bijak yang menikah usia muda, kata kata jangan nikah muda, kata kata mutiara jangan buru buru nikah, kata nasehat jangan menikah muda, kata2 bijak nikmati masa mudamu jangan buru2 menikah | Rating : 5 You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Seluruh materi dari Jangan Menikah Usia Muda boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More