Kohu-kohu (kalau di jawa mirip dengan trancam)

Bahan
Tauge, kacang panjang, sawi hijau / cesin (diambil daunnya)
Daun kemangi, ikan bakar, perasan air jeruk, kelapa setengah tua (yang sedang-sedang saja) diparut
Bumbu
Bawang merah, bawang putih, cabe, kencur, daun jeruk, terasi, garam, gula merah (ini asli bumbu kreasi aku sendiri) digiling halus.
Cara membuat
Sebenarnya semua bahan diolah dalam kondisi mentah namun kalau ada yang gak suka mentah boleh di rendam air panas. Kacang panjang dicacah (dipotong kecil-kecil.
Campurkan bumbu yang dihaluskan dengan parutan kelapa diaduk2 sampai rata, masukan potongan sayuran dan diaduk-aduk sampai sayurannya layu (untuk kondiri sayur mentah, larutan asam bisa membuatkanya menjadi agak matang, jadi jangan kuatir rasa sayurannya jadinya gak mentah seperti yang dibayangkan), jadi fungsi larutan asam selain untuk member rasa juga untuk “mematangkan” sayuran yang mentah, setelah itu ikan bakar disuir-suir (dipotong kecil-kecil sesuai guratan daging ikan), kemudian aduk lagi dengan sayuran dan parutan kelapa tadi.
Cara penyajian
Kohu-kohu ini sangat pas dimakan dengan nasi hangat, atau rebusan singkong, keladi, sagu, pokoknya sesuai selera saja.
Selamat mencoba.
ik@ve+1

Tertarik dengan artikel Kohu-kohu (kalau di jawa mirip dengan trancam)? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
| Rating : 3 You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Seluruh materi dari Kohu-kohu (kalau di jawa mirip dengan trancam) boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More