Sederhana atau rumit tergantung padamu

Hampir 1/3 abad aku hidup di muka bumi ini, dan selama itu pula aku banyak menyaksikan ha-hal yang dapat aku jadikan pelajaran hidup. Salah satunya adalah cara seseorang dalam melihat permasalahan yang dihadapinya dan caranya menyelesaikan masalah. Hal ini juga bisa menjadi tingkat penentu kesederhanaan atau keruwetan suatu masalah yang dihadapai di dalam hidup

Di tempat aku bekerja, aku mengamati sikap 2 orang temanku, yang seorang memandang setiap masalah itu sebagai suatu masalah yang besar, walau sebenarnya itu hanya masalah kecil atau bukan masalah sama sekali. Sedangkan yang seorang lagi melihat masalah itu sebagai hal yang biasa-biasa saja, walau sebenarnya masalah yang dia hadapi benar-benar besar. Mengapa bisa demikian? Ternyata ada beberapa hal yang bisa aku simpulkan.

Titik focus
Bila yang menjadi titik focus adalah masalah, maka yang terjadi adalah masalah terlihat begitu besar dan tanpa jalan keluar, sedangkan bila yang menjadi titik focus adalah jalan keluar maka masalah terlihat kecil dan sederhana.

Kerjasama
Memang tidak semua masalah harus diselesaikan secara bersama-sama, namun, meminta pendapat dari orang yang lebih berpengalaman adalah sikap bijak dalam menyelesaikan masalah.

Kekuatan
Saat kita lebih mengandalkan kekuatan sendiri dalam menyelesaikan masalah maka yang kita hadapi adalah kelelahan dan rasa putus asa apalagi setelah berfikir keras dan berusaha keras tetapi masalah tersebut tak juga selesai, namun hal ini akan menjadi kebalikannya saat kita mulau percaya pada Tuhan dan berdoa memohon petunjukNya dan hikmat dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Seperti ada tertulis pencobaan (masalah) yang kita hadapi tidak pernah melebihi (lebih besar) dari kemampuan kita menanggung (batas kekuatan), dan Tuhan sendiri yang akan menuntun untuk menemukan jalan keluarnya

1Co 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggung

Sekarang pilihan ada di tangan kita, mau berfikir sederhana atau ribet terhadap masalah yang dihadapi.

Ik@ve.

Tertarik dengan artikel Sederhana atau rumit tergantung padamu? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
Kata kunci untuk artikel ini ยป catatan hidup sederhana | Rating : 4 You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Seluruh materi dari Sederhana atau rumit tergantung padamu boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More