Tips membeli barang discount

discount-pngMenjelang Imlek dan Valentine Day, banyak program discount bertaburan di setiap toko. Sudah barang tentu fenomena seperti ini membuat pembeli tergoda untuk merogoh koceknya. Ada discount 50% sampai 80%, potongan yang cukup fantastis dan tentunya membuat Anda berbinar-binar. Lalu bagaimana caranya supaya dalam berbelanja dana yang kita miliki bisa efektif dan tidak asal beli? Bagaimana kita bisa tahu kalau barang itu memang betul-betul ada discount? Bagaimana dan bagaimana, pada dasarnya godaan terjadi karena kita tidak menaati komitmen, dan juga kita yang tidak bisa mengatur cara berbelanja saat itu sehingga kitapun tergoda. Untuk itu saya ada beberapa tips yang bisa dijadikan acuan untuk berbelanja :

Belanja kebutuhan, bukan keinginan
Mungkin ini adalah kata-kata dan tips standar yang sering kita dengar. Tapi apakah kita sudah menjalankannya dan mudahkah itu? Barang kebutuhan bukan berarti barang murah, jelek, tidak bermerek. Contohnya : baju adalah kebutuhan dan baju bermerek adalah keinginan. Ini adalah pendapat masa lalu. Sebab bagi mereka yang berprofesi membutuhkan baju bermerek, ini bukan suatu kesalahan. Misalnya seorang pengusaha marketing yang dengan baju bermerek membuat dirinya lebih percaya diri dan membuat dia memiliki banyak klien. Ini bukanlah keinginan, tapi kebutuhan.

Bawa dan taati catatan sendiri
Ini sebenarnya cara yang paling sederhana. Kalau waktu kecil kita biasa disuruh ortu untuk belanja, mereka pasti akan memberikan kita catatan kecil berisi daftar barang yang harus dibeli. Jika sampai saat ini kita terbiasa membawa catatan dari rumah, kita pasti akan memprioritaskan apa yang harus kita beli dahulu dalam list to do yang sudah kita siapkan. Sesampainya di pusat perbelanjaan, langkah pertama adalah mencari barang-barang yang ada dalam catatan dahulu. Jangan jalan-jalan dulu karena disitulah godaan mulai timbul ketika kita mulai melihat-lihat barang bagus dengan embel-embel discount-nya. Sering terjadi orang yang rencananya ingin beli kebutuhan sehari-hari ternyata saat pulang membawa baju, tas, celana, sepatu, sampai mobilnya hampir tidak muat.

Bawa uang tunai bila tidak bisa menahan diri
Bila berbelanja, cobalah untuk hanya membawa uang tunai saja jika anda termasuk tipe orang yang mudah tergoda untuk berbelanja lebih. Penggunaan kartu kredit dan debit memungkinkan Anda untuk berbelanja melebihi budget yang sudah dianggarkan sebelumnya. Jadi, cobalah untuk tidak membawa kartu-kartu itu saat berbelanja. Dengan cara ini, kita akan bisa lebih menahan diri untuk membeli barang selain yang menjadi kebutuhan kita. Kalau ternyata ada sisa uang, itu bisa digunakan untuk belanja barang lainnya.

Memang tidak mudah untuk mengetahui apakah barang itu benar-benar discount atau tidak. Dengan rayuan angka yang fantastis tapi kelihatan tidak realistis menurut logika kita, misalnya “Discount 90%“, Harga sekarang Rp 1.000.000 Rp 350.000 setelah discount” pasti kita akan mudah percaya kalau beli barang itu dapat potongan harga yang tinggi.

Hanya saran saja, tapi biasanya barang dijual discount karena :

Tidak sempurna
Anda harus lebih teliti sebelum membeli. Lihat dengan seksama kondisi barang yang akan dibeli.

Out of date, atau menjelang habis masa kadaluwarsa
Kalau untuk yang ini, Anda harus siap untuk segera menghabiskannya (untuk bahan makanan) atau barang yang dibeli sudah tidak sesuai dengan jaman.

Bermasalah
Inipun sering terjadi. Penjual menjual barangnya dengan harga sangat murah karena tersandung masalah. Bisa karena CD bajakan, barang yang mereknya tidak asli (memalsu merek), dan sebagainya.

Jangan lupa dalam proses membeli, lakukan perbandingan produk dan harga dengan tempat lain.

Tertarik dengan artikel Tips membeli barang discount? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
| Rating : 5 You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Seluruh materi dari Tips membeli barang discount boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More