Mempertahankan Pernikahan

cincin pernikahanSaat masih single, kita ingin banget cepat dapat seseorang yang mau menemani kita, alias mendapatkan pasangan hidup.
Saat masih pacaran kita semua berharap hubungan ini akan berlanjut ke jenjang pernikahan
Dan saat menikah kita berharap hubungan ini bisa bertahan selamanya sampai maut memisahkan.

Namun ternyata tak semua pernikahan dapat bertahan lama, bahkan hubungan pernikahan yang telah terjalin selama bertahun-tahunpun bisa berakhir dengan perceraian…??? Kenapa bisa begitu, selalu yang muncul adalah alasan klise “sudah tidak ada kecocokan lagi”, “jalan pikiran kita telah berbeda”

Jika itu alasannya, ada hal-hal yang perlu diperhatikan, selama masih bersama apa saja yang telah dilakukan dan dibicarakan?….kemanakah pergi cinta, harapan dan impian saat masih pacaran dulu?… Apakah cuma sampai sejauh ini bertahan, terus waktu yang telah dihabiskan bersama apakah itu hanya sebuah kesia-siaan sajakah?

Tentu kita yang telah berumah tangga tidak mau sampai hal ini menimpa kita juga, untuk itu ada beberapa hal yang perlu kita lakukan demi mempertahankan rumah tangga kita :

1. Perbanyak komunikasi
Semakin banyak kita berbicara, mengeluarkan pikiran dan perasaan dan juga menerima curahan perasaan dari pasangan kita, maka makin banyak hal yang kita tahu dan perbaiki sebelum masalah yang dihadapi semakin rumit. Dengan komunikasi kita jadi tahu yang terbaik untuk pernikahan kita dan kita makin mengenal pasangan kita lebih baik dari sebelumnya.

2. Perbanyak pengertian
Hal ini sangat penting dalam kelangsungan hidup sebuah hubungan, karena sebagai individu kita masing-masing ingin dimengerti kemauan dan keinginan kita tanpa harus menjadi orang lain hanya agar pasangan hidup kita nyaman berada di sisi kita. Pengertian memberikan kita banyak peluang untuk memahami lebih dalam tujuan dan kendala yang dihadapi dalam pernikahan, dan dengan pengertian kita bisa mencari jalan keluar untuk setiap persoalan yang kita hadapi.

3. Nyatakan cinta
Jangan ragu untuk menunjukkan rasa cinta kita kepada pasangan kita, jangan karena kita telah terikat maka pernyataan cinta itu sekarang hanya menjadi sekedar basa-basi saja. Kadang kegombalan perlu juga dalam pernikahan agar pasangan kita merasa dirinya tetap disayangi sama seperti dulu, tidak ada perubahan walau badan tak sebagus dulu, suara tak semerdu yang dulu tapi jika cinta masih tetap seperti yang dulu itu jauh lebih berarti.

4. Perbanyak Waktu
Sesibuk apapun kita dengan pekerjaan atau dengan urusan rumah tangga, kita tetap harus memiliki waktu dengan pasangan kita, entah itu hanya duduk bersama, atau keluar nonton dan belanja bersama, jangan hanya pas pacaran selalu ingin bersama, justru setelah menikah harus selalu bisa bersama, jangan sampai ada jarak hanya karena sibuk.

Memulai suatu hubungan itu mudah banget
Tetapi mempertahankan itulah yang membutuhkan pengorbanan, perjuangan dan kerja keras
Tapi dari apa yang kita lakukan itulah sebenarnya adalah bukti keseriusan kita terhadap pasangan kita.

Tertarik dengan artikel Mempertahankan Pernikahan? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
Kata kunci untuk artikel ini ยป kata bijak mempertahankan rumah tangga, kata bijak untuk mempertahankan rumah tangga, kata kata mempertahankan rumah tangga, kata motivasi untuk mempertahankan rumah tangga, kata bijak mempertahankan keluarga, puisi pertahankan rumah tangga, puisi mempertahan kan rumah tangga, kata2 mutiara untuk pertahankan rumah tangga, kata2 mutiara mempertahankan rumah tangga, kata2 mempertahankan perkawinan, kata penyemangat mempertahankan keluarga, kata mutiara tentang mempertahankan rumah tangga tidaklah mudah, kata mutiara pertahankan pernikahan, puisi pertahankan rumahtangga | Rating : 5 You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Seluruh materi dari Mempertahankan Pernikahan boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More