KETUL/AJERAN (Bidens pilosa)

bunga ajeranadalah sejenis tumbuhan anggota suku Asteraceae. Terna ini umumnya ditemukan liar sebagai gulma di tepi jalan, di kebun-kebun pekarangan, di perkebunan-perkebunan, atau pada lahan-lahan terlantar.

Nama-nama lainnya adalah
acerang, ajeran, hareuga (Sunda)
ketul, petul, ketulan, ketul kebo, ketul sapi, jaringan, caringan (Jawa)
lanci thuwa, lancing thuwa, cing-lancingan (Medan)
Spanish Needle, Blackjacks, Beggar ticks (Inggris)
Sornet (perancis)
kancing baju, pau-pau pasir, keroten. (Malaysia)

Khasiat tanaman ini
tanaman ajeran ini memiliki kandungan yang bersifat rasa pahit, agak dingin, penurun panas (antipiretik), anti radang (anti inflamasi), menghentikan perdarahan, melancarkan peredaran darah, astringen dengan kandungan kimia Phytosterin-B.

berikut ini beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh tanaman ini

daun ajeranTerutama daun-daunnya digunakan secara luas dalam pengobatan tradisional.
Rebusan atau perasan daun dimanfaatkan untuk mengatasi batuk
angina (sakit dada)
sakit kepala
demam
diabetes
sembelit
mencret, kecacingan, sakit perut
sakit gigi
keracunan
pegal-pegal
serta dicampurkan dalam air mandi untuk menyembuhkan
gatal-gatal dan nyeri rematik

Di Jawa Barat
daun-daun dan pucuk ketul yang muda dikunyah sebagai obat sakit gigi. Pucuk yang dilayukan di atas api digunakan untuk mempercepat pematangan bisul.
Di banyak tempat, terutama di Jawa, daun-daun muda dimanfaatkan sebagai lalap atau bahan campuran pecel.

Di Tiongkok, ketul juga merupakan herba obat yang disebut xian feng cao (咸豐草).

Cara Pemanfaatannya

Demam atau penurun panas
Ambil daun ajeran segar segenggam atau lebih kurang 5 gram, tambahkan dengan daun sembung dan jahe secukupnya. Campur semua bahan dan rebus dengan 500 ml air (setengah liter). Setelah mendidih, dinginkan, lalu saring. Dalam keadaan hangat atau dingin, air hasil saringan dapat dimanfaatkan untuk minuman pereda demam.

Ambil daun ajeran yang telah dikeringkan sekitar satu genggam, campur dengan jahe secukupnya atau cengkeh sekitar lima buah. Rebus semua bahan tersebut dalam dua gelas air. Setelah mendidih, saring, dan dinginkan sebelum diminum.

Pencuci mata
Ambil sekitar segenggam daun anjeran segar atau lebih kurang 5 gram ukuran sedang. Cuci dan bersihkan sebelum direbus dalam air sebanyak satu gelas. Setelah mendidih, dinginkan. Setelah benar-benar dingin, Anda dapat memanfaatkan rebusan daun ajeran tersebut untuk mencuci mata. Sebaiknya gunakan alat khusus (gelas pencuci mata) yang dapat dibeli di apotek agar lebih bersih dan efisien.

Minuman penyegar
Seperti halnya teh, daun anjeran dapat digunakan sebagai minuman penyegar. Caranya, ambil daun ajeran segar lebih kurang 10 gram. Setelah dicuci dan dibersihkan, rebus dengan dua gelas air. Setelah masak, dinginkan.

Infeksi Hepatitis

Rebus 120 daun ajeran dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama. Minum 2 kali sehari secara teratur masing – masing 1 bagian.

Mencret

Cuci bersih 15 – 120 g daun ajeran lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu buat menjadi 2 bagian yang sama. Minum 2 kali sehari secara teratur masing – masing 1 bagian.

Radang Usus Buntu

Cuci Bersih 15 -120 g daun ajeran dan 30 – 90 g akar kemuning. Rebus bahan tersebut dengan 4 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Hasil rebusan ini digunakan untuk 2 kali minum. Akan tetapi, untuk penyakit yang berat ; minum 1,5 gelas sekaligus dengan frekuensi 2 kali sehari.

Sumber data :
http://manfaatdaunbuah.blogspot.com/
http://id.wikipedia.org/
http://www.indonews.co.id/

Tertarik dengan artikel KETUL/AJERAN (Bidens pilosa)? Sempatkan waktu Anda untuk berlangganan via e-mail dan menerima update tentang artikel menarik lainnya :

Privasi dijamin. E-mail Anda tidak akan dipublish.

Baca juga artikel lainnya :
Kata kunci untuk artikel ini » tanaman ketul, Daun ketul, pohon ketul, daun ketul sapi, ajeran wikipedia, pohon ketul sapi, manfaat tumbuhan buat memasak, makalah bidens pilosa, khasiat bunga kancing baju, gulma kebun, gambar daun ketulan, daun kancing baju, daun kancing, daun kance, daun herba untuk demam, Tumbuhan Ketulan | Rating : 5 You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Seluruh materi dari KETUL/AJERAN (Bidens pilosa) boleh dicopy, diperbanyak dan disebarluaskan untuk menjadi berkat bagi semua orang, dengan syarat mencantumkan sumbernya (www.kerangrebus.com). Terimakasih.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More