Posts Tagged ‘Cara Membuat’

Kohu-kohu (kalau di jawa mirip dengan trancam)

Bahan Tauge, kacang panjang, sawi hijau / cesin (diambil daunnya) Daun kemangi, ikan bakar, perasan air jeruk, kelapa setengah tua (yang sedang-sedang saja) diparut Bumbu Bawang merah, bawang putih, cabe, kencur, daun jeruk, terasi, garam, gula merah (ini asli bumbu kreasi aku sendiri) digiling halus. Cara membuat Sebenarnya semua bahan diolah dalam kondisi mentah namun […]

Perkedel Tempe

Bukan Cuma kentang yang bisa dijadikin perkedel saja, tetapi tempe dan tahu juga bisa Bahan Tempe atau tahu yang dihaluskan Bahan tambahan Telur puyuh atau udang Bumbu Bawang putih, yanh digoreng dulu sebelum dihaluskan, supaya lebih sedah tambahkan bawang goreng. Merica yang dihaluskan, garam penyedap, telur Cara membuat Campurkan telur, bumbu yang dihaluskan, garam penyedap, […]

Tempe tepung asoy

Bahan Tempe yang dipotong agak tipis Tepung terigu, telur (disesuaikan dengan banyaknya tempe) satu papan 1 butir Bumbu Bawang putih, ketumbar dihaluskan Garam, penyedap secukupnya Cara membuat Campurkan telur dengan tepung terigu, bumbu yang dihaluskan, garam, dan penyedap, dan air sedikit, aduk-aduk sampai rata (adonan tepung tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental, setelah itu […]

Udang Tepung Sok Kalamari

Jangan heran ama judulnya soalnya bumbunya 100% hanya karanganku saja, tapi boleh dicoba kok tetap aja siip Bahan Udang tanpa perlu dikupas kulitnya secukupnya, yang dibuang hanya bagian kepala dan bagian punggung dibelah untuk mengeluarkan kotorannya. Telur sesuai banyaknya udang, kalau udangnya ¼ kg pakai telur 1 – 2 butir, kalau ½ kg pake telur […]

Sup Jamur Enoki

sup enoki

Bahan : Daging sapi yang dicincang (ayam juga boleh) Jamur enoki secukupnya dipotong sesuai selera Telor ayam yang dikocok Kornet Bumbu : Bawang putih cingcang yang digoreng coklat Tepung Maizena (untuk mengentalkan kuah) Penyedap rasa Garam, Gula, secukupnya Pala yang dihaluskan Merica yang dihaluskan Sambal : Cabe hijau diiris tipis Kecap asin dan kecap manis […]

Menyusun daftar tamu (untuk pernikahan)

Salah satu hal yang sangat penting dalam suatu acara pernikahan adalah kehadiran tamu undangan. Tanpa kehadiran tamu yang sudah kita undang, maka pesta pernikahan tidak akan meriah dan berkesan. Namun demikian, membuat daftar undangan memang gampang-gampang susah karena menyangkut jumlah orang yang diperkirakan hadir plus disesuaikan dengan jumlah hidangan yang tersedia (jangan sampai tamu-tamu yang […]

Kepiting goreng mentega

Kepiting goreng mentega

Sudah lama gak posting percobaan masak-masak, sekarang saatnya mulai posting lagi. Kali ini mari kita memasak kepiting goreng mentega. Bahan : Kepiting hidup secukupnya (tergantung selera yang makan) Bumbu : Bawang putih dihaluskan (karena masaknya 1/2 kg cukup 3 siung) Ketumbar dihaluskan Merica bubuk Garam, gula, penyedah Saos tiram secukupnya Mentega dan minyak goreng Saos […]

Ikan Kakap tepung all varian

Image001

Emang judulnya agak aneh sih, tapi emang kenyataan tuh mencoba masak dengan berbagai tepung, maklum pulang kerja perut lapar lihat lemari kok gak ada lauk apa-apa, buka kulkas nemu ikan kakap, makanya coba bereksperimen, maunya sih pake tepung terigu apa daya gak ada, akhirnya tepung yang ada kucampuri juga semuanya, yah walau awalnya gak bisa […]

Papeda kuah ikan kuning

Kalau ini makanan khas Maluku, kalau dulu sih aku selalu dimasakin sama oma Orpa (tetangga tadi udah dianggap keluarga), nah ini resep dari beliau yang telah aku praktekan sendiri Bahan Sagu mentah (masih dalam bentuk bongkahan sagu yang diambil dari pelepah pohon sagu dan belum diolah) tapi kalau gak ada pake tepung sagu juga tetap […]

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More